Wednesday, June 27, 2007

KP oh KP.. (1)

Hai2 temen2,,
Yang 2004, gimana KP nya ?

Baru tadi gw baca pengalaman-pengalaman KP orang2 di millis.. jadi pengen ikutan cerita.. silakan dinikmati..

Jadi,, gw KP di Indosat, bareng banyak anak TI lainnya. Kebetulan gw dapet di bagian call center yang mencakup produk STARONE, informasi internasional (102), 101, 3.5 G, n FMC (frontliner Mentari Club). Pertamanya gw agak seneng dapet disini, karena gw pikir bakal gampang nemuin permasalahan yang berhubungan dengan PSKE (secara kan berhubungan ma mbak2 operator tu,,) dan inilah pengalaman gw minggu pertama KP…

Hari 1: mentor gw nyuruh untuk mengamati dulu system kerja para operator ini. Gimana caranya? Ya dengan tendem (ikut ngedengerin dia melayani pelanggan). Jadi gw uda kaya pilot gitu pake ear-piece segala dan ngendon di meja seorang operator seharian! Hari pertama gw disuruh tendem ke operator STARONE dulu. Namanya mbak tata (penting,hehe) perawakannya kecil dan berjilbab, manis. Gw mulai tendem dari jam 8 pagi sampe jam 4 sore Cuma break waktu istirahat siang ato pas dia yang istirahat. Wah, sibuk! Dari satu telpon ke telpon yang lain Cuma selang 3 detikan. Si mbak keliatan kewalahan juga. Ada yang bikin aga shock waktu tendem hari ini,, gw kasi cuplikan percakapan aja yah..

Agent : indosat call center, selamat pagi, dengan tata bisa saya Bantu?
Caller : mbak, mbak, hehe pagi.. (suara bapak2 stengah baya)
Agent : pagi, maaf dengan bapak siapa saya bicara?
Caller : hehe, pak ****, mbak (hehe demi kerahasiaan pelanggan)
Agent : Baik, pak ****, bisa tolong sebutkan nomor STARONE anda?
Caller : iya mbak, hehe 03131****** . kalo ‘ndak salah lo ya mbak.. (???)
Agent : Ya bapak, ada yang bisa saya Bantu dengan STARONE nya?
Caller : ini mbak, mau nanya kode i-ring.. kalo kodenya lagu five minutes yang baru tu berapa ya mbak?
Agent : Five minute, pak? Maaf, bisa dibantu dengan judulnya?
Caller : aduh itu lho mbak five minutes sing anyar, moso’ sampean ora apal.. (he?)
Agent : mohon maaf bapak kalau tidak ada judul kami kesulitan membantu.. (rada ngambil nafas, mulai merem2)
Caller : aduh si mbak iki. Yowes nanti tak tanya dulu sama anak saya. Terus gini mbak,
Agent : iya bapak? (membenarkan duduk, tampak mau serius melayani)
Caller : gini, kok i-ring (nada sambung pribadi, red) saya tuh Cuma mau maen sekali ya mbak kalo ditelpon? Kok kalo anak saya dia maennya berkali-kali tuh selama belum diangkat. Aneh ya mbak?
Agent : (mengaktifkan mode ‘mute’) astagfirullah..mana gw tau! (menonaktifkan lagi mode ‘mute’) begitu ya bapak? Bisa diinformasikan bapak tau ini darimana?
Caller : maksud sampean?
Agent : bapak tau dari siapa bahwa i-ring bapak hanya bermain sekali saja selama menunggu telepon diangkat pak? (merem lagi)
Caller : Ya dari saya sendiri. Kemaren coba tak telpon ke nomor saya sendiri, pingin denger gitu lo mbak i-ring saya kaya gimana.. (what???)
Agent : (mengaktifkan mode ‘mute’) buseet! Kurang gawe bgt ni bapak! Nih, yang kaya gini nih kadang bisa 5 kali sehari tau ga, nguji sabar banget kan? (ngomong ke gw)
(menonaktifkan lagi mode ‘mute’) baik bapak disini sudah saya buatkan laporannya biar nanti langsung ditangani pihak yang terkait. Terima kasih bapak atas informasinya. Ada lagi yang bisa saya Bantu?
Caller : ah, ndak ada. Bingung saya yang begitu saja kok ndak tau jawabannya. Ndak membantu mbak ini. (trus nutup telpon)
Agent : terima kasih telah menghubungi Indosat, selamat pagi.. (narik nafas panjang).

Ya begitulah selentingan percakapan di bagian operator STARONE suatu hari.. siapa bilang jadi operator itu gampang? Tunggu kelanjutannya ya, masih banyak cerita2 aneh terjadi di divisi Indosat ini. =)

2 comments:

Yessi Pratiwi Surya Budhi said...

Umm... Kalo gw yang jadi operator, akan jadi begini ceritanya:

Saya : Selamat pagi Pak, ada yang bisa saya bantu?
Caller : Bla.. bla.. bla.. Gimana sih, masa kayagitu aja ngga tau?
Saya : Sudah selesai Pak? Terimakasih, Kami nantikan curhatan Anda berikutnya ;P

Unknown said...

sabar...sabar...belajar sabar...

memang, katanya call center dimana-mana selalu jadi tempat berkumpulnya manusia paling sabar se-perusahaan. Kerjaannya aja ngadepin yang begituan. tapi tetep sabar aja deh...