Thursday, August 23, 2007

Bangsa ini tidak tahu terima kasih!

Teman, bangsa ini tidak tahu terima kasih. Tadi malam ada berita di METRO TV tentang seorang pejuang kemerdekaan, mantan ajudan Jendral Sudirman tepatnya. Beliau pada saat perang kemerdekaan dulu adalah bawahan kepercayaan Jendral Sudirman, seorang pejuang besar yang memungkinkan Indonesia menyicipi hari-hari bebas penjajahan seperti sekarang. Beliau selalu membawa senjata demi keselamatan diri dan rakyat dari tangan penjajah. Disebutkan dalam berita bahwa beliau berperan dalam hampir seluruh peristiwa bersejarah semasa perjuangan dulu. Berjuang tanpa pamrih atas nama kemerdekaan bagsa yang tidak tahu terima kasih ini.
Tebak apa yang beliau kerjakan demi penghidupan beliau dan keluarga saat ini? Menjadi penyapu jalanan dan pasar. Yap. Dengan penghasilan 15.000/bulan/kios dari pasar, kehidupan seperti apa yang kira-kira beliau dapatkan? Kemana terima kasih yang seharusnya beliau terima dari 2 juta penduduk yang beliau bantu merdekakan?
Hebat. Betapa besar jasamu, pak. Semoga Allah swt. yang membalas nanti, amin.

2 comments:

Unknown said...

hmmm...maksudnya 200 jt penduduk indonesia kali ya al...

Memang mungkin begitu keadaannya al. Karena mungkin hanya mereka yang kemudian menerima gelar jenderal yang akan dikenal sebagai pahlawan besar. Kita juga perlu memaklumi, karena gak semua pejuang dapat didata, bahkan sensus penduduk kita pun gak mendata semua penduduk Indonesia.

Unknown said...

tambahan: ini bukan maksud saya gak ngehargain jasa orang-orang tersebut. Kalaupun mereka gak dapat penghargaan materi, Allah akan membalas semua jasa mereka jauh lebih baik dari penghargaan yang bisa diberikan manusia. Dan kita bisa berkontribusi dengan turut mendoakan mereka ya Al...